Wednesday, October 19, 2016

Pakan Sehat Agar Arwana Bugar dan Mempesona

Makanan ikan Arwana sangat menentukan pertumbuhan sekaligus kualitas dari si ikan bertubuh indah ini. Terlepas dari mitos tentangnya, keindahan warna ikan arwana memang tiada duanya. Jangan heran kalau anda mendengar berita harga ikan arwana yang selangit, mahal banget bro. Oleh karena itu untuk perawatan kita harus ekstra hati-hati agar mereka dalam kondisi maksimal. 

Ada beberapa jenis pakan yang baik dapat membantu mencerahkan warna sisik arwana dan ada juga yang lebih baik untuk pertumbuhan. Di sisi lain ada pula makanan yang bisa berdampak buruk terhadap arwana peliharaan anda, bisa memudarkan warna ataupun menyebabkan penyakit. Berikut informasi pakan ikan arwana yang baik


Cacing Darah Beku (Frozen Blood Worm)


Cacing yang berukuran kecil ini sangat cocok untuk ikan arwana yang masih kecil (anakan yang kurang dari 8 cm). Nutrisi di dalamnya dapat membantu mempercepat pertumbuhan, setelah ikan sudah dewasa sebaiknya anda mengganti makanan yang lebih ke memperindah warna.


Kecoa


Serangga satu ini sering membuat jijik manusia, tapi hebatnya malah berdampak baik bagi ikan arwana. Kandungan protein yang tinggi dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan sekaligus stamina yang selalu terjaga.

Belatung


Kita disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan arwana, salah satunya dengan memberikan belatung. Pakan dapat dibuat dengan mencampurkan belatung kering dengan pelet, wortel dan vitamin. Sangat cocok untuk meningkatkan pertumbuhan.


Kelabang


Coba lihatlah tubuh seekor kelabang, dia berwarna merah cerah dan mengkilat. Banyak orang yang akhirnya memberikan kelabang sebagai makanan ikan arwana dengan maksud agar sisiknya makin cerah. Disarankan jangan terlalu sering, maksimal 1-2 ekor dalam seminggu. Selain cukup mahal, pemberian terlalu sering juga dapat mengurangi nafsu makan ikan terhadap jenis pakan lain. Jangan lupa untuk mencopot taring kelabang sebelum memasukkan ke dalam aquarium.


Jangkrik


Sama halnya dengan kelabang, kandungan beta-karoten di dalam serangga jangkrik juga dipercaya dapat membantu mencerahkan warna arwana, khususnya jenis super red, golden red yang terkenal dengan warnanya. Jangkrik yang diberikan sebaiknya yang masih muda ditandai belum tumbuh sayap, harganya murah kok dan belinya di toko burung. Cara memberi makan arwana adalah dengan mencopot terlebih dahulu kedua kaki belakang jangkrik agar tidak melukai si ikan.


Udang


Udang adalah salah satu makanan yang paling sering diberikan pada ikan arwana. Saat dimasukkan ke dalam aquarium, udang akan berada di dasar. Hal ini menyebabkan arwana sering melirik ke bawah. Banyak pecinta arwana yang takut bahwa hal ini dapat membuat mata arwana juring. Seperti kita ketahui nilai jual arwana tidak hanya di sisik tubuhnya, keindahan kedua mata arwana juga bisa menjadi pertimbangan. Jangan terlalu sering memberi pakan udang dan copot kedua sungut terlebih dahulu.


Anak Katak


Salah satu makanan favorit arwana di alam bebas adalah katak yang masih kecil, terutama saat benar-benar lapar. Sebelum diberikan pada arwana sebaiknya katak dikarantina seminggu agar bakteri pada katak sirna terlebih dulu.


Ikan Kecil


Ikan yang lebih kecil juga bisa menjadi camilan arwana. Dengan memburu para ikan ini arwana akan lebih sehat. Sayangnya jika aquarium kecil arwana yang bergerak terlalu cepat bisa menabrak kaca pinggir sehingga sungutnya patah. Anakan ikan yang diberikan juga sebaiknya dicek dulu kesehatannya karena bisa saja menulari arwana yang merupakan ikan peliharaan utama.


Pellet (makanan buatan)


Makanan ikan arwana yang paling praktis dan mudah sekali didapatkan. Banyak sekali merk yang menjanjikan kandungan nutrisi tinggi yang baik untuk arwana. Tidak ada salahnya mencoba produk ini, jangan ragu untuk meminta saran produk terbaik pada para penjual ikan arwana.
Bisa jadi ada ikan yang lebih suka makan jangkrik ada pula yang suka makan pelet, biasanya sesuai kebiasaan saat masih anakan. Cobalah berikan salah satu pakan dan lihat reaksi si ikan, jika tidak dimakan maka gantilah dengan menu yang lain.

Dari semua jenis pakan arwana tersebut, ikan lebih suka yang masih hidup, mungkin ada insting predator di dalam seekor arwana. Sekali dimasukkan pasti arwana langsung menyerbu pakan hidup yang diberikan. Lain halnya dengan makanan seperti pelet, pakan pasti mengambang lama di permukaan air sebelum dimakan.

Kalau ada pakan pelet yang tidak habis segeralah ambil dan buang. Jika dibiarkan maka hal ini akan mengotori air aquarium yang lama kelamaan akan mengeruh mempengaruhi Ph air. Untuk makanan hidup sebaiknya dibuang jika terlihat mulai membusuk karena ditakutkan akan menimbulkan sakit perut pada arwana.



Waktu Memberi Makan Arwana

Waktu yang pas dalam memberi makan ikan arwana adalah tepat saat dia sedang lapar, kalau sering telat diberi makan maka bisa stress arwana tersebut. Banyak yang akhirnya memberi makan sekali namun dalam jumlah banyak, akibatnya air di aquarium cepat sekali keruh. Karena hal inilah kita sebaiknya memberikan makan dalam porsi tepat namun dilakukan beberapa kali, dengan maksud arwana kenyang dan air tetap dalam kondisi baik.
Pemberian makan yang tepat juga harus disesuaikan dengan usia dan ukuran si ikan. 


Anakan Arwana


Fokus ke kebutuhan lemak dan protein. Pakan anakan arwana yang tepat adalah cacing beku dan ulat hongkong. Sama halnya dengan bayi manusia, waktu makan si anakan arwana juga tidak bisa diprediksi.


Arwana Dewasa


Fokus ke kebutuhan serat yang dapat membentuk kecerahan warna arwana yang akhirnya meningkatkan nilai jual. Makanan yang disarankan adalah jangkrik, anak katak, belalang, kelabang.

Misalnya di pagi sekitar jam 7 berikan jangkrik sebanyak 2-3 ekor. Jangan lupa kedua kaki belakangnya dicopot. Makan kedua sekitar jam 11-12, berikan 1 anak katak, terakhir di sore hari jam 5 berikan 1 anak katak lagi.

Untuk arwana yang lebih dari 30 cm, kita bisa menambahkan porsi makannya. Misal pagi hari jam 7 berikan 2 ekor anak katak. Siang hari jam 11 berikan kelabang seekor. Sekitar jam 2 berikan lagi anak katak seekor dan terakhir sore jam 4 berikan 3 ekor jangkrik.
Pemberian makan ikan arwana di atas hanyalah contoh, bisa mencukupi bisa tidak, semua tergantung si ikan itu sendiri. Sebagai pemilik anda bisa mengamati bagaimana pola makannya, jika ikan masih terlihat lapar tambakan lagi porsi pakan. 
Sekian artikel tentang Makanan Ikan Arwana yang Baik dan Cocok. Hal lain yang perlu kita perhatikan adalah kebersihan dari habitat arwana itu sendiri, aquarium.